9 Jenis Tanaman Vertical Garden Skip to main content

9 Jenis Tanaman Vertical Garden

 Beberapa jenis tanaman yang cocok untuk vertical garden

Jenis Tanaman Vertical Garden


Nisala Garden kali in akan membahas masalah jenis tanaman vertical garden, karena tidak semua jenis tanaman bisa digunakan untuk pembuatan vertical garden, adapun jenis tanaman tersebut sudah di lakukan seleksi agar dapat bertahan pada media vertical garden, jenis tanaman tersebut di bagi menjadi 2 golongan, yaitu golongan outdor ( tahan panas ) dan golongan indoor ( minim cahaya ).

Jenis Tanaman Vertical Garden Outdoor :

1. Wali Songo ( schefflera grandiflora )

Jenis Tanaman Vertical Garden

Tanaman Walisongo dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang berfungsi untuk menetralisir udara di dalam rumah. Tanaman ini banyak digunakan sebagai pajangan di ruangan. Tanaman yang memiliki nama latin schefflera grandiflora ini memiliki ciri-ciri daunnya cukup tebal dengan warna hijau dan ada putih kekuning-kuningan. Pangkal daunnya juga seperti jari dan berjumlah 9. Bagian daunnya yang mirip daun singkong ini memiliki fungsi seperti halnya daun lidah mertua yang mampu memfilter udara di dalam ruangan, terutama dari polusi yang disebabkan oleh rokok.

Tanaman hias yang masuk dalam kategori tanaman perdu ini memiliki banyak sekali bagi kehidupan sehari-hari, terutama untuk lingkungan sekitar Anda. Sebagaimana fungsi dari tanaman yang banyak dikenal sebagian orang, tanaman ini mampu menyerap racun dursila di sekitar rumah atau pun di dalam rumah Anda. Bagi Anda yang rumahnya terkena polusi udara karena anggota keluarganya aktif merokok di dalam rumah, sangat cocok untuk menanam tanaman yang memiliki cukup banyak jenis ini.

Tanaman ini juga sangat cocok untuk vertical garden, karena memiliki ketahanan yang kuat pada media vertical garden, dan juga daun lebatnya sangat ideal pada vertical garden.

2. Miana Merah (C. hybridus)
Jenis Tanaman Vertical Garden

Para pecinta tanaman hias tentunya sudah tidak asing lagi dengan tanaman hias bergenre daun 'Miana'. Tanaman hias ini memiliki beragam corak dan warna daun yang unik seperti Sigresing (Batak), Adong-adong (Palembang), Jawek Kotok (Sunda), Iler (Jawa Tengah), Ati-ati (Bugis) dan Serewung (Minahasa). Tanaman hias Miana juga tergolong tanaman hias dengan perawatan yang cukup mudah. Mengutip Wolipop, tanaman hias miana menyukai lokasi yang terang (bright light) dan bisa beradaptasi di full sun atau sinar matahari langsung. Tanaman hias miana menyukai lokasi yang terang (bright light) dan bisa beradaptasi di full sun atau sinar matahari langsung.

Selain bisa ditanam di tanah langsung, miana juga bisa ditanam di media vertical garden. Supaya pertumbuhan miana tidak meninggi, miana harus sering ditrimming atau dipangkas agar tumbuh rimbun. Tanaman ini juga tahan banting terhadap sinar matahari. Daunnya tidak mudah terbakar ketika terkena sinar matahari langsung. Pertumbuhan pucuk daun yang baru warna kuning cerah akan muncul.

3. Pakis ( Pteridofita )
Jenis Tanaman Vertical Garden

Tanaman ini dapat hidup pada suhu 14-27 derajat Celcius. Di luar batas tersebut, pakis tak akan bertahan. Pertahankan juga kelembapan tanah secara konsisten dengan menyiram secara menyeluruh setelah permukaan tanah dirasa kering. Pastikan pula drainase yang baik. Anda tak perlu terlalu sering memberinya pupuk. Beri pupuk ringan setiap 2-3 bulan sekali saat tanaman sedang tumbuh aktif.

Tanah tanaman hias pakis juga harus selalu lembap, tapi tidak banjir air. Biarkan tanah tetap kering agar daunnya tidak mudah mati. Jika ingin tanaman hias pakis tumbuh subur, potong daun yang berubah warna dengan gunting tajam. Kalau ranting berubah warna cokelat atau tidak berdaun, sebaiknya dicabut saja dari akarnya.\

4. Erpah Putih

Jenis Tanaman Vertical Garden

Tanaman Erpah putih sangat bagus di gunakan untuk memberi unsur warna putih yang sering kurang adanya unsur warna putih di area taman, maka erpah putih menjadi solusi.
Tanaman hias ini sangat banyak digunakan sebagai jenis tanaman border dan tanaman pembatas taman. Tanaman Erpah Putih Varigata seperti tanaman bayam bayaman cocok untuk outdoor dan tanaman tahan air, Tanamanini juga sangat cocok untuk media vetical garden karena memiliki karakter  rimbun sejajar pada saat di tanaman di lahan vertical, tanaman ini juga tidak mudah mati dan kuat akan sinar matahari.

5. Nanas Kerang ( Rheo spathacea )

Jenis Tanaman Vertical Garden


Tanaman  NANAS KERANG Rheo spathacea merupakan tumbuhan family Bromeliaceae dan merupakan tumbuhan semak sampai ketinggian 40 – 60 cm, daunnya meruncing dengan permukaan sebelah atas berwarna hijau dan sebelah bawah berwarna ungu.

Nanas Kerang memiliki akar serabut dan mudah dipindahkan dan ditanam untuk perbanyakan. Nanas Kerang sebagai ornament taman, sangat mudah perawatannya dan kalau ditanam sebagai tanaman pot, cukup ditanam satu persatu dan nantinya akan berkembang dengan bentuk seperti bersusun. Nanas Kerang mampu mentoleransi intensitas matahari penuh atau pun sedang.Sangat cocok digunakan sebagai ground cover atau pun di pot sebagai tanaman indoor.

Tanaman ini juga disebut Adam dan Hawa alas Adam and Eve. Cocok sebagai tanaman Ground Cover dan cocok di tanam di media vertical garden.

6. Melati Jepang

Jenis Tanaman Vertical Garden

Bunga melati jepang ini merupakan varian dari bunga melati sendiri. Bunga melati Jepang merupakan bunga melati yang banyak tumbuh di negara Jepang, dan memiliki ciri fisik yang berbeda dari melati yang lain. Melati Jepang ini mempunyai bentuk pohon berbatang kecil. Tinggi batang melati Jepang hanya sekitar 1/2 sampai 2 meter. Sangat cocok digunakan sebagai penghias taman atau halaman rumah. Daun-daunnya berhadap-hadapan dan tumbuhnya berselang-seling.

Daun melati Jepang berukuran lebar antara 10 cm dan panjangnya dapat mencapai 15 cm. Daunnya berwarna hijau tua atau hijau muda dengan campuran warna kuning, yang telah menambah kesan keindahan dari tanaman ini. Melati Jepang terdapat pada satu tangkai yang bulat dan panjangnya sekitar 20 cm. Bunga ini terdapat di sepanjang tangkai dan merapat pada ujungnya. Bentuk kumpulan bunganya ini secara keseluruhan merupakan tandan yang ke luar dari ketiak daun.

Kelopak bunga berwarna hijau dan mempunyai sela-sela dalam yang menyerupai gigi. Mahkota bunga bentuknya seperti tabung yang pada ujungnya terbuka. Bentuknya bulat telur atau bulat panjang.Warna dari mahkota bunga ini ungu muda dan hampir berwarna putih susu. Bunga Melati Jepang dapat tumbuh dimana saja. Di dataran rendah bunga ini dapat tumbuh dengan baik. Begitu juga jika ditanam di dataran tinggi, melati Jepang dapat tumbuh dengan sempurna.

7. Krisdoren Ekor Tupai ( Asparagus Aethiopicus )

Jenis Tanaman Vertical Garden

Tanaman ini tumbuh tinggi dengan bentuk daun yang unik mirip ekor tupai. Tanaman ini bisa ditanam diteras atau full outdoor. Tanaman ini tergolong tanaman yang kuat panas dan mudah dirawat. Tanaman asparagus tanaman hias merupakan sejenis sayuran yang banyak digunakan sebagai bahan makanan atau obat. Tanaman ini dapat dikatakan sebagai tanaman 1000 manfaat karena banyak sekali kandungan gizi yang terdapat pada tanaman ini sehingga sangat baik untuk tubuh. Kandungan gizi tersebut misalnya Asperegine yang berguna untuk memperbaiki pencernaan, Asam Folat yang berguna untuk mencegah penyakit jantung, serta masih banyak kandungan gizi yang dapat bermanfaat untuk tubuh khususnya untuk kesehatan apabila mengkosumsi tanaman ini.

Cara menanam tanaman ini juga mudah, tinggal meletakkannya di dalam pot gantung di depan teras rumah dan jika sedang dibutuhkan tinggal ambil saja lalu diolah. Tanaman ini sangat tahan dalam kondisi panas maupun kekeringan. Jenis Tanaman ini sangat cocok untuk di tanaman di media vertical agrden, karena memiliki ketahanan terhadap sinar matahari.

8. Philo Centong Kuning

Jenis Tanaman Vertical Garden


Gading Kuning adalah spesies tumbuhan berbunga di keluarga Araceae. Tanaman ini tumbuh subur di daerah beriklim sedang, namun juga dapat tumbuh dengan baik di kawasan hutan tropis dan sub-tropis di seluruh dunia. Seperti Australia Utara, Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. 

Seperti namanya, Sirih Gading Kuning memiliki warna kuning cerah yang cantik. Daunnya kecil, namun tumbuh cukup banyak dalam satu tangkai. Menyenangkannya, Sirih Gading Kuning ini mudah dirawat di rumah. Kamu cukup menggunakan medium pot kecil hingga sedang, untuk menanamnya dan menyiramnya dengan air secukupnya, untuk memastikan tanahnya lembap.

9. Alang - Alang Hias

Jenis Tanaman Vertical Garden

alang alang hias ini sangat cocok untuk konsep taman ertical garden yang berkonsep tropical, karena tanaman ini dapat memberikan tampilan menjuntai dan tidsk rapi yang terkesan sangat natural seperti di alam liar, tanaman alang alang ini memiliki beberapa jenis, mulai yang berwarna hijau, merah dan putih. Tentukan jenis warna apa yang anda suka untuk di tanaman di media ertical garden.

9 Jenis tanaman vertical agrden diatas termasuk dalam katagori outdoor yang maksimal akan cahaya matahari, jika vertical garden anda di lokasi indoor yang minim akan cajaya matahari, bisa di pastikan 9 jenis tanaman vertical garden di atas tidak sesuai, Dan Niscala Garden juga akan membagikan jenis tanaman vertical garden untuk lokasi indoor yang minim akan cahaya matahari, simak di artikel selanjutnya ya... Terimakasih

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar